POPMAMA PARENTING ACADEMY 2021 - MEDIA BELAJAR “MILLENIAL PARENTING" ONLINE, KOMPREHENSIF & SATU ATAP

 



            Kehamilan anak pertama tentu akan disambut dengan penuh suka cita oleh seluruh keluarga. Setiap perkembangannya akan dipantau secara teratur, untuk memastikan baik ibu maupun bayi tumbuh sehat hingga saat persalinan. Sedikit saja  ada masalah, semua ikut gelisah

        “Bunda, kata dokter, berat janin ini  masih under atau kurang dari berat  yang seharusnya sesuai umur kandungan.” Anak saya, seorang generasi millenial yang sedang hamil anak pertama, berbagi cerita sepulang dari kontrol rutin di rumah sakit. Dia menunjukkan foto hasil USG janinnya. Ada tersirat kekhawatiran di wajahnya. Saya sebagai ibunya berusaha tenang meski ada sedikit rasa cemas juga yang menyelinap di hati saya. 

        Lalu saya mencoba menganalisa kesehariannya. Saya perhatikan pola makannya sudah cukup bagus. Asupan gizinya juga cukup lengkap dan seimbang untuk seorang bumil. Memang kebetulan anak saya agak terganggu dengan morning sickness yang belum hilang juga sampai usia kehamilan enam bulan lebih.

        Diam-diam saya browsing ke internet. Ingin tahu berapa sih, berat yang seharusnya? Ketemulah tools atau alat penghitung berat badan yang saya harapkan, berjudul “Pregnancy Weight Gain Calculator”. Saya senang sekali, karena alat itu menjawab rasa ingin tahu saya. Di mana coba nemunya? Yes. di Popmama.com. Di sini nih  https://www.popmama.com/pregnancy-weight-gain.

        Tidak hanya itu saja tools yang ada di sana . Ada juga beberapa alat lain yang mudah diaplikasikan untuk mengetahui  estimasi peprhitungan ovulasi,  due date, alat pencari nama bayi, dll.



Saya memang bukan generasi millenial. Saya termasuk generasi baby boomers, yaitu generasi yang lahir di antara tahun 1946 s.d. 1964. Ya, saya ini mamaknya Gen Y alias Gen millenial. Saya adalah seorang ibu yang telah memasuki purna karya setelah menggeluti dunia kerja lebih dari 30 tahun. Sekarang saya memiliki waktu yang leluasa untuk belajar apa saja, termasuk  belajar Millenial Parenting, bersama anak saya yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya. 

Kenapa  gen baby boomers seperti  saya mesti ikutan repot belajar millenial parenting? Ada beberapa alasan, sih. Pertama, saya ingin menjadi pendamping anak saya dalam mengasuh anaknya (cucu saya). Jadi, saya harus siap dengan pengetahuan dan praktik yang sejalan, agar tidak kontra produktif. Dengan begitu saya berharap tidak akan muncul friksi dalam pola pikir dan cara pengasuhan cucu saya nanti. Kedua, belajar hal baru seperti millennial parenting pasti menyehatkan karena asupan ilmu baru itu akan membuat saya tetap up to date dan tidak ketinggalan informasi meskioun saya sudah pensiun. 

Saya bersyukur menemukan popmama.com. karena selain komplit, penyajian informasinya simpel dan mudah dicerna, dan kekinian. Saya jadi makin semangat belajar bayak hal terkait Millenial Parenting.

Apa itu Popmama.com?

Popmama.com adalah media digital multi-platform untuk Mama Millennial di Indonesia, yang berisi sharing dan pembelajaran tentang pengasuhan/parenting mulai dari masa kehamilan hingga anak telah remaja.

Apa saja isi popmama.com?

Popmama.com  menyajikan informasi dan berita mengenai parenting dan  berita-berita terbaru tentang mama dari seluruh dunia. Ia juga memberikan tips dan triks serta saran-saran dari para pakar yang kompeten di bidangnya.  Semua disajikan secara kreatif dengan sudut pandang  dan layout yang  menarik dan takkonvensional, menggunakan banyak visual, video, list, dan humor dan bahasa yang ringan. Secara keseluruhan penulisan artikelnya mampu memikat dan menjadi sahabat belajar bagi mama millennial.

Di laman Popmama.com ada beragam fitur yang selalu dimutakhirkan kontennya. Fiturnya terdiri dari POPAC21 (tentang Popmama Parenting Academy 2021), COVID19, Community (Komunitas), Pregnancy (Kehamilan), Baby (Bayi), Kids (Anak 1-5th), Big Kid (6 -12 tahun), Life (Kehidupan).


Apa itu Popmama Parenting Academy dan Apa Visinya?

Popmama Parenting Academy  adalah media belajar parenting satu atap (one stop learning media) nomor wahid bagi ibu millenial Indonesia. Apa pun yang dibutuhkan oleh keluarga millennial, semua bisa ditemukan di popmama.com. Pada tahun 2021 ini tema yang diangkat adalah Parents support Parents. Lalu apa sebetulnya visi  dari Popmama Parenting Academy ?  

Visi dari Popmama Parenting Academy adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan mama millennial dan menyediakan informasi yang worth sharing, trending dan relevan sebagai acuan agar mereka dapat menjalankan perannya sebagai mama terbaik yang  dapat menciptakan generasi Indonesia yang lebih berkualitas.

Visi ini tidak lepas dari visi induk perusahaan Popmama.com yaitu IDN Media yang memiliki visi atau tujuan untuk mendemokratissi informasi dan memberikan impak positif kepada masyarakat demi Indonesia yang lebih baik.

Sebagai program tahunan Popmama.com, mereka menyelenggarakan event tahunan yang sangat menarik yaitu Popmama Parenting Academy selama satu bulan penuh dari tanggal 1 sd 31 Desember 2021.yaitu Popmama Prenting Academy 2021 dengan desain kurikulum yang berbobot, yaitu :

Education::Berisi sharing artikel yang bersifat edukatif terkait parenting 

Health : berisi sharing tentang masalah kesehatan keluarga

Child Abuse Prevention : berisi tips mencegah pelecehan anak

Family Economic : Berisi tentang ekonomi kelurga

Community: tentang komunitas parenting millenial . 


 Apa itu Popmama Parenting Academy dan Apa Visinya?

Popmama Parenting Academy adalah media belajar parenting satu atap (one stop learning media) nomor wahid bagi ibu millenial Indonesia. Apa pun yang dibutuhkan oleh keluarga millennial, semua bisa ditemukan di popmama.com. Pada tahun 2021 ini tema yang dingkat adalah Parents support Parents. Lalu apa sebetulnya visi  dari  Popmama Parenting Academy

Visi dari Popmama Parenting Academy adalah menjadi media online yang paling mengerti kebutuhan mama millennial dan menyediakan informasi yang worth sharing, trending dan relevan sebagai acuan agar mereka dapat menjalankan perannya sebagai mama terbaik yang  dapat menciptakan generasi Indonesia yang lebih berkualitas..

Visi ini tidak lepas dari visi induk perusahaan Popmama.com yaitu IDN Media yang memiliki visi atau tujuan untuk mendemokratisasi informasi dan memberikan impak positif kepada masyarakat demi Indonesia yang lebih baik.

Ada program apa saja di Popmama Parenting Academy 2021?

 Desember 2021 akhir tahun ini sepertinya akan menjadi bulan yang seru banget di Popmama Parenting Academy karena ada banyak acara di sini: yaitu Webinar di mana para pakar akan berbicara dan memberikan saran dan solusi. Kuliah Whatsapp yang menawarkan berbagai kelas parenting, Content Series, berbagai lomba dalam Community Award, dan Popmama Little Star.


Webinar adalah suatu program diskusi interaktif yang menarik kerena pembicrnya terdii dari para ahli yang akan memberi jawaban atas permasalahan parenting yang dihadapi mama millenial. Saya pun penasaran ingin menyimak. 

    Tahun ini adalah tahun ketiga dari penyelenggaran Popmama Parenting Academy  dan menjadi event yang ditunggu-tunggu oleh  puluhan ribu pengikutnya, karena apa pun yang menjadi kebutuhan dan perhatian keluarga gen Millenial bisa ditemukan di sana.




Popmama Parenting Academy disusun sangat ramah pengguna (user friendly), dari sisi teknis, fitur-fiturnya ditata apik dan mudah diakses. Dari sisi konten juga dikelompokkan secara praktis, sehingga mudah dicari  ketika diperlukan pencarian.

 

Program Popmama Parenting Academy  bisa di akses di berbagai media sosial seperti FB, IG, dan Youtube. Tentu saya tidak ingin melewatkan semua program ciamik  dalam Popmama Parenting Academy. yang tinggal beberapa hari lagi. 


Referensi  :
        https://www.popmama.com

 https://www.idn,media.






Komentar

  1. jadi flashback ketika hamil dan melahirkan pertama kali. Butuh banget ilmu dan support dari sesama ibu. Semoga langkah popMama ini bisa memberi impact besar bagi kesehatan mental dan juga kesiapan para ibu ya

    BalasHapus
  2. Salut sama bunda Pratiwi. Support yg ruar biasa untuk calon cucu. 😄

    BalasHapus
  3. Mantap infonya mbak. Jadi ingin ikut Popmama parenting Academy nih

    BalasHapus
  4. Platform digital yang sangat bermanfaat ya popmama ini, aktif dan sangat bergizi sekali untuk para mama millenial

    BalasHapus
  5. Popmama.com..wahana informasi tuk mama-mama, agar tetap eksis dalam ilmu parenting dan daily actifity.. sukses slalu mbak

    BalasHapus
  6. Salam kenal buat Ibu Pratiwi 🙏 Rasa salut saya haturkan untuk ibu, karena apa yg njenengan tuliskan dalam blogpost ini secara tidak langsung memberikan input positif kepada pembaca, termasuk saya tentang bilangan usia yg tidak menjadi penghalang untuk terus belajar dan meng-upgrade ilmu, termasuk ilmu tentang millenial parenting, dan tak lelah menggali informasi tentang kehamilan sbg bagian dari support untuk buah hati dan calon cucu. Honestly, Ibu keren 🤗❤

    BalasHapus
  7. Bunda...kereen...masya Allah...
    Salut banget dg ibu sbg pembelajar sejati... Mau upgrade ilmu untuk mendampingi merawat cucu sesuai masanya...
    Ah..bahagia sekali menjadi anaknya ibu...

    BalasHapus
  8. Kereen, banyak ilmu yang didapat dengan popmama ini ya..

    BalasHapus
  9. Saya baru tahu di popmama juga ada tools buat bantu parenting dan kehamilan

    luar biasa banget popmama nih, thanks sharingnya mbak, jadi makin tau ada apa aja di popmama

    BalasHapus
  10. Semoga komunitas ini langgeng dan terus bermanfaat

    BalasHapus
  11. Menjadi orang tua memang harus selalu belajar sepanjang masa ya mom. Beruntung ada popmama yang menyediakan event

    BalasHapus
  12. masyaallah.. nenek yang keren, mau tetap belajar 😍

    BalasHapus
  13. Keren, bukan pemula ini mah. Sukses selalu mbak Rini

    BalasHapus
  14. Wow..runut dan benar-benar event yang dicari emak-emak seperti saya mb.. sukses untuk POPAC 2021

    BalasHapus
  15. Bingung saya harus bilang apa. Saya salut sekali ibuuu, selalu semangat belajar di usia yg tak lagi muda.

    Bikin saya semangat lagi utk terus belajar dan berkarya 😍

    BalasHapus
  16. usia bukan halangan untuk terus belajar ya bu, saya juga nggak muda lagi, dan baru mencari hal yang saya sukai untuk berkarya, huhu

    BalasHapus
  17. Lengkap dan runuut mbaaaak ♡♡♡

    BalasHapus
  18. Mohon maaf kepada teman-teman yang sudah berkenan memberi komentar di artikel ini, sejak beberapa minggu lalu saya menemui kesulitan untuk membalas komen teman-teman untuk blog post saya ini. Tanggapan yang sudah saya tulis dan publikasikan tidak muncul di bawah komen dari teman-teman. Sudah berusaha meminta bantuan seorang teman blogger lain dan sudah saya ikuti sarannya tetapi tetap belum berhasil memunculkan tanggalan saya. Sekali lagi mohon maaf ya....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGGUNAAN SHOW & TELL DALAM MENULIS FIKSI

TIPS MENULIS DRAFT AWAL SEBUAH NOVEL

Mengaplikasikan 'Show & Tell' dalam Tulisan Fiksi dengan Benar